Manfaat dari Minyak Kelapa

Pasti sudah sering sekali kita mendengar penggunaan minyak kelapa murni atau umumnya disebut sebagai Virgin Coconut Oil- selanjutnya kita sebut VCO ya. Dan minyak ini populer di kalangan umur berapapun. Dari bayi sampai lanjut usia.

Penggunaannya pun variatif. Dari mulai dikonsumsi oral sampai penggunaan topical, dan bahkan untuk urusan rumah tangga.

Ulasan mengenai VCO ini kalau di cari di Google, luar biasa banyak sekali. Dan review penggunanya pun banyak banget. Tapi kali ini, saya akan berbagi secara pribadi, penggunaan VCO untuk saya sendiri dan keluarga.

Sekali lagi, adapun merek saya sebutkan nantinya, saya tidak disponsori. Jadi review yang saya ulas, jujur saja apa adanya. Macam lagu ya?

VCO itu apa sih?

VCO itu adalah minyak, yang merupakan salah satu hasil olahan minyak yang naturalnya terbuat dari kelapa muda atau kelapa segar. VCO itu diperoleh langsung dari santan kelapa segar tanpa proses pemanasan, penyulingan dan pemutihan. Tidak juga mengalami proses pengharuman sehingga tidak merubah sifat asli alami si minyak.

VCO dinominasikan sebagai minyak yang unggul dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membebaskan tubuh dari mikroorganisme berbahaya. VCO ini mampu memberikan sumber energi cepat dan merangsang metabolism, sehingga perningkatan energi ini mampu menyebabkan penyembuhan yang lebih cepat. Hal ini tentu dikarenakan – semakin tinggi metabolisme tubuh maka sistem kekebalan semakin bagus, Dengan demikian, semakin cepat tubuh bisa menyembuhkan dan memperbaiki sel selnya. Untuk hal ini, saya alami sendiri ya, bagaimana mengembalikan metabolisme tubuh dengan mulai berolahraga ringan pasca operasi patah tulang saya – akhirnya membantu proses penyembuhan tulang saya. Dan disini, VCO mampu melakukannya untuk sel sel terdalam di tubuh. Namun, tetap harus didukung dengan konsumsi nutrisi yang baik juga.

Disini saya hanya akan bahas beberapa manfaat dan penggunaan VCO untuk sehari hari. Manfaat apa yang sudah kami rasakan, dan ini berasal dari pengalaman kami sendiri.

  • Pelembab Wajah    : VCO mampu melembabkan kulit dan sangat mudah terserap. Pada malam hari, biasanya saya pakai selepas cuci muka untuk face massage. Lalu saya timpa dengan Night Cream Yves Rocher. Hasilnya tidak berminyak besok pagi, dan entah bagaimana, selalu lebih cerah. Tidak ada timbul komedo berlebih sepengalaman saya ya. Dan saya percaya banget, VCO ini yang paling alami untuk sembuhin jerawat, flek hitam atau masalah kulit lainnya.
  • Make Up Remover  : Saya suka pakai lipstick yang bentuknya MATTE. Dan terlebih, kalau kalian sudah pernah coba Kylie Lip Kit yang awetnya sampai nempel banget, cuma VCO yang bisa remove sampai bersih. Dan tidak menimbulkan perih di bibir. BIsa juga dipakai untuk membersihkan maskara. Yang paling awet sekalipun.
  • Lip Balm   : Sebelum tidur atau kalau lagi kering banget, bisa diolesin. Bahkan kadang saya pakai untuk Lip Scrub. Campur dengan Gula dan sedikit madu.
  • Minyak Rambut : Setidaknya seminggu dua kali, saya akan pijat rambut dengan VCO. Dari akar sampai ujung rambut. Kenapa? Karena rambut saya kondisinya sempat parah sekali. Kering dan rontok. Kalau sempat baca Post saya yang menggunakan Yves Rocher Nutri Repair Hair Series, VCO ini dasarnya dulu. Selepas keramas, by far tidak terlalu meninggalkan kesan lepek. Hanya memang sedikit berminyak, tapi saya tidak keberatan. Karena penggunaan beberapa kali, rambut saya sembuh.
  • Lotion and Massage Oil  : Kalau panggil tukang pijat, mereka sudah hafal ngambil minyak dimana dan minyak apa yang saya pakai. Saya hanya pakai VCO. Karena kulit saya sensitif, dan hingga saat ini, selain natural Lotion non paraben, non silicone yang saya gunakan. Saya pakai VCO as an alternative. Ini pun saya juga oleskan ke anak saya si Haka, kulitnya juga sensitive. Dan FYI, VCO ini juga ampuh nolak nyamuk. 🙂
  • Pencernaan   : Untuk melancarkan buang air. VCO bukan bantu lagi, tapi melancarkan banget. Normalnya diminum 3 x sehari. Maksimal 6x untuk penyembuhan.
  • Detox / Oil Pulling / Pemutih GIGI : Pagi hari 20 menit setelah bangun tidur ya. Belum minum belum gosok gigi. Kumur halus dan pelan. Lalu buang minyak yang dari mulut kita ke tong sampah. Kalau ke wastafel, minyaknya akan menggumpal dan menyumbat. Selepasnya langsung gosok gigi, gigi jadi CLING banget! VCO ini pemutih alami. Dan kalau obat sakit gigi. Pernah gigi saya radang karena sedikit bolong (euuuhhh), lalu semenjak saya rajin oil pulling, Puji Tuhan tidak kambuh. Itu juga saya rajin kontrol ya. Somehow, waktu kita sedang oil pulling, si gumpalan minyak ini menarik bakteri yang tinggal di tubuh kita terutama yang di area mulut dan rongganya. Juga disaat saya terkena sinus, maaf ya, oil pulling ini mampu sekali menarik lendir dari rongga hidung sehingga bisa kita buang dari mulut.
  • Lap Meja : Nah lo, ko buat lap meja? Iya, VCO ini saya pakai juga buat lap perabotan yang terbuat dari Kayu. Saya juga punya merek Pled*e , yang memang khusus untuk perabot kayu. Tapi saya lebih suka yang natural, multipurpose dan gak mahal!

by Far, itu beberapa manfaat yang memang saya sudah rasakan. Untuk masakan dan makanan dirumah, kami memakai Minyak BARCO. Minyak Kelapa Murni dan bukan Minyak kelapa Sawit. Bukan sok diet, kami sekeluarga tidak diet. Tapi memang kami konsis mau hidup sehat. Untuk urusan dapur, nanti saya share di post yang berbeda ya.

Namun, isi sharing saya ini bermaksud menyampaikan manfaat VCO yang sebenernya berkali lipat dari apa yang saya jabarkan di atas. Untuk hasil nyata, konsistensi sangat dibutuhkan. Dalam arti, tidak hanya sekali dua kali penggunaan. Mungkin yang paling terlihat dalam 20 menit adalah OIL PULLING. Boleh dicoba kok:)

Merek VCO macam macam, harganya juga macam macam. Saat ini saya pakai BALI VIRGIN. Saya beli yang kemasan 1liter. Harga sangat terjangkau. Dan Produk LOKAL.

house-of-organix_bali-virgin-coconut-oil-organic-cold-pressed--1-l-_full02

Selamat Mencoba ya. silahkan tinggalkan komen yang baik dan berarti:) Atau saran yang membangun dan pertanyaan yang bermanfaat:)

xx

Britt

 

One thought on “Manfaat dari Minyak Kelapa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s