Workout with Make Up – Tips

Everyone wants to look good during workout. Well, i’m obviously one of them.

Pernah suatu kali, sewaktu sedang bersiap diri mau mengajar BodyJam™ , ada seorang member bertanya.

“Kok mau olahraga make up -an mba?” saya pikir sudah selesai.

Aku sih santai aja ya menanggapinya, saking sudah sering banget nih ditanya. Jawabannya hanya, iya karena saya mengajar bu:)

Buat aku yang memang bidangnya tampil di hadapan lebih dari satu orang, penampilan itu penting sekali dijaga. Sebenarnya juga, sudah terbiasa aja sekarang – sekarang ini untuk pakai casual make up anywhere apalagi kalau mau ngajar ya.

Pentingnya apa?

Disaat aku mengajar, aku yang memberi arahan, aku member contoh dan instruksi. DI saat ini pun, sudah jelas, bahwa role ku kurang lebih sama seperti Pembicara, Dosen, Guru atau apalah yang berdiri di atas stage dilihat banyak orang. Nah, sudah sepatutnya dong, kita memoles dikit wajah dan rambut. Tidak perlu menor juga seperti pengantin tapi ya. Hanya sekedar terlihat segar.

Contoh lain, ada nih temen suka lari. Dia suka marathon. Dan biasanya, kalau ajang ajang lari itu, banyak photographer yang rajin ambil photo kita di garis finish. Yang pasti nantinya di posting di akun penyelenggara toh. Dia maunya mukanya kece, okelah lepek tapi kan ga kucel ya. Nah untuk penilaian kece, cantik, kumel apa tidak, itu kembali ke pribadi masing masing sih. Tapi kalau untuk saya, ga mau. I just want to look decent.

Lantas, apakah olahraga menggunakan make up itu bikin jerawatan?

Tidak selalu sih, tergantung juga produk apa yang kita pakai, dan apakah kita jeli membersihkan wajah selepas latihan.

Hal hal yang perlu diperhatikan adalah, penggunaan bahan make up tersebut sebaiknya water base, ringan dan kalau sedang outdoor sebaiknya mengandung SPF untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang bisa berbahaya bagi kulit.

Dan juga, make up ini diharapkan tidak menyumbat pori pori sewaktu kita berkeringat.

Sebenarnya jujur, menurutku mudah dan tidak harus membeli produk harga mahal ya untuk mendukung aktifitas olahraga cantik kita. Berikut aku share tipsnya

  1. Face Wash : Sebelum Latihan, biasakan membersihkan wajah dengan sangat seksama. Aku suka sekali cuci muka pakai produk Yves Rocher yang Sebo Vegetal atau Novage True Perfection. Bahan dasar keduanya adalah GEL. After effect nya, wajah jadi lembab dan tidak kering.
  2. Moist : Next step selepas membersihkan muka, biasanya saya semprotkan face mist. Untuk melembapkan muka, dan yang pasti face moist sejauh ini tidak menyumbat pori pori. Karena memang bahan dasarnya adalah AIR. Face moist ini juga tidak menyebabkan muka berminyak, malah sebaliknya, aku berasa kenyal lembab aja. Produk yang aku pernah pakai antara lain Kangen Water Beauty, Evian Face Mist, Feliz Spring Water. Tips lain, pakai air mineral biasa juga sudah cukup kok:)
  3. Draw the face using all matte finish products : Mulai dari pencil alis, lipstick dan blush on. Aku hanya pakai ketiga macam itu saja untuk “hias” wajah. Kenapa? Karena make up untuk olahraga memang hanya untuk mempertegas bentuk wajah, dan supaya terlihat fresh. Kecuali harus tampil untuk nari misalkan, silahkan deh pakai eyeshadow.
    • Untuk pencil alis, aku pakai Viva atau Oriflame Eyebrow Marker. FYI, Aku sempat dikasih trial satu eyebrow crayon yang ok banget, tapi sayang belum bisa aku posting di blog karena belum di launch produknya. Viva sendiri kadang berminyak hasilnya, tapi selepas aku lukis alis, aku tap sedikit dengan compact powder. Jadi hasilnya matte. Kalau Oriflame Eyebrow Marker hasilnya semi sweat proof ya, hanya kurang tebal kalau tidak dilukis dengan pensil alis dulu.
    • Eyeliner pake nggak? Terserah ya, boleh pakai kok. Tipsnya pakai yang gel dan waterproof. Karena kalau tidak, pas lagi cardio dan berkeringat , bisa jadi mata panda kan nggak seru ya. Tips juga untuk lukis yang natural yah. Sebatas Cat Eye cukup. Sejauh ini Eye Liner yang cukup oke adalah merek Silky Girl. Aku suka banget teksturnya. Sayangnya, si packaging aga ribet. Moga moga mereka improve ya dari segi packaging.
    • Cream Blush On is a must. Karena bentuknya creamy, hasil akhirnya blending banget ke kulit, hasilnya jadi seperti natural. Merona saja. Merek yang aku suka adalah Maybelline dan THE FACE .
    • EYELASH : Sejauh ini, jujur saja, Eyelash Extension itu memang ok banget untuk performing. Sayang saja, sudah beberapa kali jadi korban alergi lemnya dan si bulu asli ikut rontok. Jadinya malah botak deh. Jadi solusiku pakai Waterproof Mascara aja. Aku pakai Maybelline The Falsies Volume dan Magnum Barbie . Try both, and im really happy with the result.
    • Non Transferrable Lipstick is a must, why why why. Kalau kita berkeringat, pastinya ga mau belepotan kan kemana mana. Produk yang sekarang lagi aku pakai dan senengin banget adalah si MOOD MATCHER by FRAN WILSON. Setelah sebelumnya pakai Kailijumei, aku agak agak concern dengan efek bibir keringnya nih. Mood Matcher by far oke banget dan tidak ada efek bibir pecah pecah, warnanya pun tahan lama banget. 12 jam. Harganya aja sih aga lumayan, for for me, kalau pakainya berbulan bulan, yang worth deh.91uwa-OgRGL
    • Lastly, jika menginginkan wajah terlihat lebih fresh lagi, bisa menggunakan loose powder tipis tipis. Saranku pakai yang warnanya putih seperti bedak bayi. Kalau harus, aku memakai CC Cream by Mineral Botanica saja, karena teksturnya ringan sekali, nyaris tidak medok ya warnanya dan tidak terlihat cakey seperti foundation atau two way cake powder.

 

After you’ve finish with the whole make up, please make sure to use deodorant (eh)…karena penting juga loh odor dari tubuh kita yang berkeringat ini kan, suka tidak terkontrol. Saranku pakai yang bahannya natural, hindari yang berbahan aluminium yang bisa menyumbat pori di ketiak serta menggangu hormon. Hindari juga yang mengandung paraben dan triclosan. Favoritku dan suami si masih Crystal cbd-3_product-shot_email

 

So thats all busy people!

I recommend you those products but i’m not saying that they all will suits your skin well. Coba aja dahulu ya, dan direview lagi. Sah sah saja kok menggunakan make up saat olahraga, hanya diperhatikan bahan yang digunakan dan pemakaiannya sewajarnya aja.

 

Happy Workout!

Britt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s